COBIT

Cobit (Control Objective for Information and Related Technology) adalah sebuah proses model yang dikembangkan untuk membantu perusahaan dalam pengelolaan sumber daya teknologi informasi (IT). Proses model ini difokuskan pada pengendalian terhadap masing-masing dari 34 proses IT, meningkatkan tingkatan kemapanan proses dalam IT dan memenuhi ekspektasi bisnis dari IT.

Cobit Dikeluarkan dan disusun oleh IT Governance Institute yang merupakan bagian dari ISACA (Information Systems Audit and Control Association) pada tahun 1996. hingga saat artikel ini dimuat setidaknya sudah ada 5 versi COBIT yang sudah vditerbitkan, versi pertama diterbitkan pada tahun 1996, versi kedua tahun 1998, versi 3.0 di tahun 2000, Cobit 4.0 pada tahun 2005, CObit 4.1 tahun 2007 dan yang terakhir ini adalah Cobit versi 5 yang di rilis baru-baru saja.

COBIT digunakan untuk membantu manajemen senior, pemilik proses bisnis, user, dan auditor dalam memahami dan mengelola resiko yang berhubungan dengan teknologi informasi dalam suatu kebijakan yang jelas. Fokus utama dari COBIT ini adalah harapan bahwa melaui adopsi COBIT ini, perusahaan akan mampu meningkatkan nilai tambah melalui penggunaan TI dan mengurangi resiko-resiko inheren yang teridentifikasi didalamnya.

Cobit Memiliki Komponen – Komponen, yaitu:

a. Executive Summary
b. Framework
c. Control Objective
d. Audit Guidelines
e. Management Guidelines
f. Control Practices

Cobit juga memiliki empat domain sebagai tahapan pengelolaan teknologpi informasi, yaitu :

1. Perencanaan dan Organisasi (Planning and Organization) Pada domain ini, titik berat terdapat pada proses perencanaan dan penyelarasan antara strategi teknologi informasi dengan  perusahaan.

2. Pengadaan dan Implementasi (Acquire and Implementation) Domain ini berkaitan dengan implementasi solusi teknologi informasi dan integrasinya dalam proses bisnis organisasi.

3. Pengantaran dan Dukungan (Delivery and Support) Domain deliver and support, mencakup proses pemenuhan layanan teknologi informasi, keamanan sistem, pelatihan, dan pendidikan untuk pengguna. Selain itu, domain ini juga mencakup beberapa kegiatan seperti mengelola konfigurasi, permasalahan, data, operasi, dan lingkungan fisik.

4. Pengawasan dan Evaluasi (Monitoring and Evaluate) Dalam domain keempat pada COBIT, berfokus kepada pemeriksaan intern, ekstern, dan jaminan kebebasan dari proses pemeriksaan yang dilakukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: