Jembatan Kukar Runtuh

Setrelah mendegar berita Pada hari Sabtu (26/11/2011) Jembatan Mahakam II di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, runtuh. Dan memakan banyak korban jiwa, Jembatan ini runtuh secara tiba-tiba pada saat sedang melakukan perawatan rutin. Jembatan KuKar runtuh dalam hitungan detik, Yang lebih memilukan, menurut saksi mata, saat kejadian lalu lintas kendaraan yang melewati jembatan saat itu cukup ramai. Kendaraaan, orang, semua meluncur ke sungai. Beberapa di antaranya terperangkap dalam rangka jembatan di permukaan atau di dasar sungai. alhasil saya pun teringat pada sebuah film final destination yang ada kejadian di saat jembatan sedang mengalami perawatan tiba-tiba rubuh.

Bagamaimana Bisa bangunan sevital ini bisa rubuh, mestinya tidak boleh rubuh meningat bangunan jembatan tersebut baru berusia kurang lebih 10 tahun, oleh karena itu pemetintah pun langsung melakukan investigasi terkait rubuhnya jembatan kukar tersebut dan telah menemukan beberapa orang terkait yang harus bertanggung jawab, seperti yang sayang tuliskan dari sumber yang sayang dapat :

JAKARTA – Polres Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, resmi menahan tiga tersangka runtuhnya Jembatan Kukar, berinisial YS, HS, dan MFF, terhitung sejak kemarin. YS dan HS yang merupakan pejabat Dinas Pekerjaan Umum Kukar dijerat Pasal 359 jo 350 jo 55 dan 56 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan orang lain luka berat.
Pasal yang sama juga dikenakan terhadap MFF, Project Manager PT Bukaka. Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution menjelaskan, polisi masih melanjutkan proses penyidikan.

“YS sebagai kuasa pemegang anggaran. Sebagai pejabat dia harus bertanggung jawab. Tugasnya tidak dilaksanakan berakibat jembatan runtuh,” ujar Saud di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (5/12/2012).

Dia menambahkan, sejauh ini polisi baru menjerat para tersangka dengan pasal kelalaian karena belum ditemukan unsur korupsi. Namun, bukan tidak mungkin ada tersangka dijerat pasal korupsi jika polisi menemukan bukti kuat.

“Untuk korupsi ditangani Polda Kaltim, sehingga nantinya butuh waktu dan pembuktian yang khusus. Project manager bertanggung jawab penuh, ada beberapa hal yang tidak dilaksanakan,” katanya.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2012/01/05/337/552179/tiga-tersangka-runtuhnya-jembatan-kukar-resmi-ditahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: