Sea Games Diancam Kabut Asap Serta Banjir

Menjelang SEA Games XXVI, yang akan digelar di Jakarta dan Palembang, penyelenggara tak hanya sibuk menyiapkan lokasi pertandingan tepat waktu. Mereka juga harus mengatasi kabut asap hasil kebakaran hutan dan lahan di Sumatera.

Kemenko Kesra sudah menyusun tiga langkah antisipasi kabut asap yang bisa menggangu jarak pandang itu. Pertama, posko-posko digiatkan, Bakosurtanal menyiapkan peta rupa Bumi dengan 3 radius. Dari radius tersebut, posko akan melakukan pemantauan di mana titik panas agar dapat segera ditanggulangi.

Kedua, operasi hujan buatan lebih digencarkan mumpung masih ada awan. Yang ketiga, disiagakan juga pesawat pembom air di udara. ” “Supaya menjelang dan setelah pelaksanaan SEA Games, operasi pemboman air dapat dilaksanakan, termasuk juga menggunakan helikopter,” kata Sekretaris Kemenko Kesra, Indroyono Soesilo, di Jakarta, 4 Oktober 2011.

Ia juga memaparkan perkembangan operasi penanggulangan kebakaran lahan dan hutan di seluruh Indonesia, khususnya di Sumatera Selatan. “Operasi telah berjalan baik, baik operasi hujan buatan, pemboman air dari udara, dan pemadaman hutan di darat. Hasilnya sudah dapat terlihat, titik panas sudah menurun secara drastis,” ungkap Indroyono.

Berdasarkan laporan hari ini, kata dia, jarak pandang di Palembang sudah 10 kilometer. “Harapan kami mendekati 11 November, asap sudah sangat berkurang di Sumatera Selatan supaya kita bisa bersama-sama melaksanakan SEA Games sebaik-baiknya,” ujarnya.

Indroyono menungkapkan pada minggu ketiga Oktober diperkirakan hujan sudah mulai turun di wilayah Sumatera Selatan dan di Selatan Jawa. Sehinga, titik-titik api bisa dipadamkan.

Tapi ancaman bukan itu saja. Bencana banjir juga akan mengancam penyelenggaraan SEA Games XXVI, seandainya musim hujan dialami Palembang pada bulan Oktober atau November ini.

Sebab setiap tahun, di kala musim penghujan, kawasan Jakabaring, menjadi daerah yang menjadi langganan banjir.

“Ada atau tidak adanya penyelenggaraan SEA Games XXVI, itu merupakan kondisi alam di Palembang, khususnya di Jakabaring, setiap tahunnya. Itu dua bencana tahunan di Palembang. Kalau musim kemarau muncul ancaman kabut asap, di musim penghujan akan muncul ancaman banjir,”
kata Direktur Walhi Sumsel Anwar Sadat, dalam perbincangan dengan detikcom belum lama ini.

Menurut Sadat, banjir yang terjadi di Jakabaring bukan hanya disebabkan kapasitas hujan yang turun ke kawasan tersebut tidak tertampung lantaran daerah resapannya atau rawa-rawa telah tertimbun, juga adanya luapan air dari Sungai Ogan.

“Luapan Sungai Ogan selalu terjadi, sebab air yang berasal dari huluan sangat deras sebab sudah banyak hutan yang habis sebagai penyanggahnya,” kata Sadat.

Menurut Sadat, antisipasi dua ancaman tersebut, bukan hanya dilakukan sesaat atau terisolasi di Jakabaring saja. “Kalau bencana kabut asap, tentu saja terkait dengan soal pembakaran hutan yang ada di Sumatera Selatan. Pemerintah Sumatera Selatan harus mencegah kebakaran hutan, baik yang dilakukan masyarakat maupun industri perkebunan,” kata Sadat.

Sementara ancaman banjir, kata Sadat, merupakan persoalan yang kompleks. “Bukan hanya soal saluran air, seperti sungai, kanal, dan parit, tapi juga terkait dengan penimbunan kawasan resapan air atau rawa-rawa, serta banyak hutan yang gundul di kawasan huluan Sumatera Selatan,” katanya.

Satu fakta baru, selama membangun sejumlah venue SEA Games XXVI dan Wisma Atlet di Jakabaring Sport City, berlangsung juga penimbunan daerah rendah atau rawa-rawa yang sebelumnya menjadi daerah resapan air.

Jadi, tampaknya pemerintah bukan hanya mengatasi persoalan kabut asap, juga ancaman banjir di Jakabaring jika musim penghujan melanda Palembang.

SEA Games XXVI akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang pada 11 hingga 22 November mendatang. Sebanyak 43 cabang olahraga dan 545 nomor pertandingan diperlombakan pada ajang tersebut. (ren)

SUMBER 1


SUMBER 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: