A.I Artificial Intelligence


Resensi Film A.I. Artificial Intelligence

Film yang bersutradarakan Steven Spielberg dan bintangi oleh Jude Law (Gigolo Joe), Sam Robards (Henry), Haley Joel Osment (David), Frances O’Connor (Monica),  Brendan Gleeson, William Hurt
Film ini menceritakan tentang suatu zaman dimana bumi sudah merasakan akibat dari pemanasan global. Es kutub semua mencair. Negara-negara seperti Belanda, Jepang , sebagian Amerika, dan bagian lain di bumi sudah lenyap terandap air, sebagian besar bumi sudah sudah terendam air akibat pemanasan global.
Berawal pada suatu zaman yang pada saat itu negara-negara seperti Belanda, Jepang , sebagian Amerika, dan bagian lain di bumi sudah lenyap terandap air, sebagian besar bumi sudah sudah terendam air akibat pemanasan global. Cybertronics Manufacturing, perusahaan yang memproduksi robot, menciptakan sebuah robot yang dinamakanMecha, yaitu sebuah robot yang memiliki kemampuan yang sama seperti manusia yang bertujuan untuk mengganti manusia dalam melakukan pekerjaan seperti berkebun, memasak, menjaga rumah, dan pekerjaan lain yang biasa dilakukan oleh manusia. Selain itu perusahaan ini juga membuat sebuah robot yang memiliki kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence bernama David. robot anak-anak yang bisa tertawa, bermain, sedih, dan merasakan kasih sayang dan cinta, layaknya anak manusai biasa. Untuk pengetesan, Cybertronics Manufacturing memberi David kepada salah satu pegawainya,Henry (Sam Robards) dan istrinya Monica (Frances O’Connor). Henry memiliki seorang anak yang menderita penyakit yang tidak bisa disembuhkan, Marvel. Henry tidak mau mengatakan kepada istrinya, Monica. Karena itu ia berniat untuk mengganti anaknya dengan sebuah robot Mecca, David. Pada awalnya, Monica tidak mau dengan keberadaan David namun lama-kelamaan Monica pun menjadikannya sebagai anak layaknya manusia meskipun pada saat itu marvel sudah sembuh.

Hari-hari berlalu begitu cepat hingga pada suatu saat David mendengarkan dongeng Monica kepada Martin, tentang boneka pinokio yang disulap oleh peri cantik menjadi sesosok manusia karena kebaikan hatinya. Disinilah awal mula David berangan-angan menjadi seperti anak manusia selayaknya, dan diperlakukan selayaknya seperti manusia, David sangat mengimpikan menjadi seperti manusia. Dasyat!!! Sensor syaraf ciptaan Cibertonics mampu membuat robot mempunyai angan-angan dan cita-cita.

Teddy adalah robot super canggih pertama, dengan logika jenius yang dimiliki keluarga inilah yang terus menjadi pendamping David bersosialisasi dengan lingkungan manusia. Pada suatu malam David ditantang Martin untuk menggunting rambut Monica saat tidur, dengan alih-alih jika David ingin disayang Monica ia harus menggungting rambutnya. Awalnya menolak, tapi setelah mendapat paksaan dari Martin akhirnya David memenuhi perintah jail sang Martin, tapi tidak berjalan sukses, karena keburu ketahuan Monica dan Hendry. Tidak hanya itu, David juga pernah menenggelamkan Martin ke dasar kolam hingga tak sadarkan diri. Lalu David bertemu seorang Gigolo yang bernama Joe sehingga dari situ awal mulanya petualangan David untuk mencari Peri Biru agar bisa menjadikan dirinya menjadi manusia sungguhan bukan robot. Dalam petualangannya untuk mencari Peri Biru mendapatkan suatu hambatan, yaitu ditangkapnya mereka berdua oleh anggota Flesh Fire. Flesh Fire sendiri bertugas sebagai penghancur robot – robot yang telah usang atau robot yang melakukan kesalahan (robot error). Dengan perlengkapan canggih Flesh Fire mampu menangkap ribuan robot – robot bermasalah. Yang pada akhirnya mereka berdua pun lolos dari tempat Flesh Fire, lalu David bersama Joe pergi ke Kota Rouge yang dekat kota Dalawere. Di kota ini David, Teddy, dan Joe pergi ke tempat Dr. Tahu untuk menanyakan tempat dimana bisa bertemu dengan Peri Biru. Setelah diberi tahu oleh Dr. Tahu tempat untuk bertemu Peri Biru di kota Manhattan, lalu David bergegas pergi ke Kota Manhattan dengan menggunakan ampibicopter yang ditemani oleh Teddy dan Joe. Sesampainya di Kota Manhattan David tidak bertemu dengan Peri Biru dulu tetapi dia bertemu dengan Prof Allen Hoby yang menantinya. David terus menginginkan Peri Biru itu. Petualangan David dan Teddy di mulai di dasar laut, tetapi Joe tidak ikut karena ditangkap oleh polisi robot karena tuduhan pembunuhan wanita langganannya di kamar hotel sebelumnya. Di dalam laut akhirnya David menemukan Peri Biru padahal Peri Biru itu hanya sebuah patung. Lalu ia berdoa kepada Peri Biru agar dijadikan sebagai manusia sungguhan.

2000 tahun berlalu

Laut yang menenggelamkan kota tersebut berubah menjadi es, peradaban jamanpun terlah berubah.
Lalu David dan Teddy ditemukan telah membeku oleh sekelompok mahluk asing. Ia masih hidup, namun kondisinya lemah, dan ia masih terus memandangi peri biru, dan ingin menyentuhnya dari dekat. Setelah ia berhasil menyentuh peri biru tersebut, tak disangka tradegi yang memilukan akhirnya runtuh bersama peri biru yang hancur berkeping-keping. Ternyata, peri biru yang dicari-cari ia selama ini hanya sebuah replica patung pada jaman dimana kota tersebut masih ada.

Mahluk asing tersebut kemudian membawa David dan Teddy ke markasnya, mahluk asing yang mempunyai teknologi mentranfer apa yang ada di pikiran David, sehingga mereka dapat mengetahui apa yang sedang dialami dan dipikirkan David. Akhirnya mereka mengadakan rapat, dan diputuskan bahwa keinginan David harus mereka laksanakan, karena bagi mereka David adalah robot untik masa lalu yang harus mereka teliti layaknya binatang purba yang masih bisa bertahan hidup.

Mahluk asing tersebut pun mengabulkan keinginan David untuk bertemu dengan Monica (ibu asuh David). Dengan kemampuan teknologi yang mereka ciptakan merekapun bisa menghidupkan Monica yang sudah mati 2000 tahun yang lalu, tapi mereka membutuhkan contoh fisik seperti, kuku, rambut, tulang asli dari Monica.
Teddy yang tak banyak bicara menjadi penolong, karena sewaktu David memotong rambut Monica saat yang lampau, Teddy menyimpan rambut itu hingga saat ini.
Dan keajaiban tiba, Monica hidup kembali dengan modal sehelai rambut yang tersimpan disaku Teddy. Tapi itu tak bertahan lama karena teknologi mahluk asing tersebut hanya bisa menghidupkan orang yang mati hanya bertahan selama selama sehari, kemudian mati kembali selama-lamanya dan tak akan pernah bisa dihidupkan kembali. Hanya sehari David bisa merasakan kasih saying Monica yang ia anggap ibu. Dan pada detik-detik akhir Monica akan tidur selamanya, David pun mengikuti untuk tiduk bersamanya selama-lama.

Referensi : http://jambi01.blogspot.com/2008/12/sepenggal-cerita-film-artificial.html

ARTIFICIAL INTELEGENCE atau AI didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

ARTIFICIAL INTELEGENCE bisa di pelajari dalam sebuah film yang berjudul ARTIFICIAL INTELEGENCE A.I, di dalam film tersebut menceritakan tentang kecerdasan buatan seorang robot yang memiliki perasaan cinta dan kasih sayang layaknya manusia seperti biasa, Penggambaran dunia pada Film Aftificial Intelligence  sangat tergambarkan dengan baik. Kesan masa depan pada film ini tergambarkan mulai dari kendaraan, tekhnologi, maupun mahluk asing yang ada pada film ini. Di dalam film ini juga terdapat AI yang diciptakan oleh seorang peneliti seperti anaknya yang sudah tiada, dimana si peneliti masih tidak terima dengan kematian anaknya yang dia sayang peneliti tersebut membuat robotika persis anaknya, dimana robot tersebut diajarkan segala kegiatan yang ada di dunia manusia. Mulai dari membaca buku, bercerita hingga membuat kopi. Sehingga robot tersebut mulai belajar sifat manusia dan mengerti arti kasih sayang seorang ibu layaknya manusia seperti biasanya .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: